MARILAH KITA SENANTIASA BERKATA BAIK, BERBUAT YANG BAIK, BEKERJA DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN SALING MEMBANTU ANTAR WARGA

Wednesday 15 May 2013

TGB AMIN DAN SUFI UNGGUL DI DESA RENSING BAT


suasana perhitungan suara di TPS 2 Lepok (13/5)
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) periode 2013-2018 di wilayah NTB telah bergulir di tiga daerah yakni Provinsi NTB, Kabupaten Lombok Timur, dan Kota Bima, masyarakat di NTB secara umum telah memberikan suaranya pada hari pemungutan suara telah digelar secara bersamaan pada 13 Mei 2013.
Ada empat pasangan calon akan bertarung di Pilkada NTB 2013 nanti yang diusung gabungan parpol sebagai peserta Pilkada NTB. Pasangan calon tersebut adalah Pasangan Cagub-Cawagub TGH M Zainul Majdi-Muhammad Amin atau TGB-Amin nomor urut 1, H Suryadi Jaya Purnama-Johan Rosihan atau "Suryadi-Johan" (2), Harun Al Rasyid-TGH Lalu Muhyi Abidin (3), dan pasangan Dr KH Zulkifli Muhadli-Prof Dr H Muhammad Ichsan atau Zul-Ichsan nomor urut 4.

Paket TGB-Amin diusung tujuh parpol yakni Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, dan Partai Gerindra. Zainul Majdi yang akrab disapa TGB merupakan Gubernur NTB periode 2008-2013, yang juga menjabat Ketua DPD Partai Demokrat. Sementara pasangannya, Amin, merupakan kader Partai Golkar yang menjabat Sekretaris DPD I Partai Golkar NTB, dan juga anggota DPRD NTB periode 2009-2014. Amin berasal dari Pulau Sumbawa.

Paket "Suryadi-Johan" diusung tiga parpol yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bintang Reformasi (PBR) dan Partai Persatuan Rakyat Nasional (PPRN), dengan dukungan sembilan kursi dari total 55 anggota DPRD NTB hasil Pemilu 2009. Suryadi merupakan Ketua DPD PKS NTB yang juga Wakil Ketua DPRD NTB, sementara Johan merupakan Wakil Ketua DPD PKS NTB yang juga Wakil.
Ada empat pasangan calon akan bertarung di Pilkada NTB 2013 nanti yang diusung gabungan parpol sebagai peserta Pilkada NTB. Pasangan calon tersebut adalah Pasangan Cagub-Cawagub TGH M Zainul Majdi-Muhammad Amin atau TGB-Amin nomor urut 1, H Suryadi Jaya Purnama-Johan Rosihan atau "Suryadi-Johan" (2), Harun Al Rasyid-TGH Lalu Muhyi Abidin (3), dan pasangan Dr KH Zulkifli Muhadli-Prof Dr H Muhammad Ichsan atau Zul-Ichsan nomor urut 4.
Ketua Komisi II DPRD NTB.

Paket "Harum" diusung oleh 18 parpol yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), PNBK Indonesia, PPDI, Partai Buruh, PNIM, PDP, PSI, PPNUI, PPN, PPI, PKP, Partai Patriot, Partai Merdeka, PMB, PIS, Parta Barnas, Partai Kedaulatan, dan PKPI. Harun merupakan mantan Gubernur NTB periode 1998-2003 yang kini masih menjadi anggota DPR RI dari Partai Gerindra. Muhyi kini masih menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal NTB, yang juga petinggi Pengurus Wilayah (PW) Nahdlatul Wathan (NW) NTB, organisasi Islam terbesar di wilayah tersebut.

Paket Zul-Ichsan diusung empat parpol peserta Pemilu 2009, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), dan Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI). Zulkifli merupakan Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PBB NTB, yang masih menjabat Bupati Sumbawa Barat untuk periode kedua. Jabatan bupati itu diraih sejak 2005. Sementara Ichsan adalah mantan Dekan Fakultas Peternakan Universitas Mataram (Unram) yang kini menjabat Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) NTB.

Sementara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur di hari yang sama Senin, 13 Mei 2013 masyarakat Lombok Timur telah memberikan hak suaranya kepada calon pilihannya. Ada empat pasangan calon yang bertarung pada pilbup tahun 2013 ini mereka adalah :

Pasangan Nomor Urut 1: H. Ali Bin Dachlan dan H. Haerul Warisin (ALKHAER), pasangan independen. Ali BD merupakan mantan Bupati Lombok Timur 2003-2008. Beliau berpasangan dengan Khaerul Warisin, karyawan Dinas Pertanian NTB. Pasangan ini maju dari jalur perseorangan.

Pasangan Nomor Urut 2: H. Abdu Wahab dan Lale Yaqutunnafis (WALY) yang didukung Partai Hanura, PBB, PBR, PKPB dan Partai Patriot. Abdul Wahab, pensiunan Pegawai Negeri Sipil/PNS berpasangan dengan Lale Yaqutunnafis, seorang anggota DPRD NTB dari PBB.

Pasangan Nomor Urut 3: HM Sukiman Azmy dan HM Syamsul Lutfi (SUFI) yang diusung Partai Demokrat, Golkar, PPP, PDIP, PKS, Gerindra, PKNU dan PAN. Sukiman Azmy (Bupati Lombok Timur 2008-2013). Beliau berpasangan dengan M Syamsul Lutfi, Wakil Bupati Lombok Timur 2008-2013, sebagai pasangan calon yang tengah berkuasa (incumbent).

Pasangan Nomor Urut 4: H. Usman Fauzi dan Muhammad Ihwan (MAFAN), dengan dukungan 16 Partai Politik antara lain PNI Marhaenisme, PNBKI, PKP, Partai Republiken, parpol non-parlemen. Usman Fauzi, adalah seorang pensiunan PNS, dengan pasangan Ichwan Sutrisno, pengusaha.

Dari hasil pemungutan suara yang telah dihitung oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat pada hari Selasa 14 Mei 2013 di Kantor Desa Rensing Bat sesuai jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 3 TPS masing-masing TPS 1 Dusun Rensing Bat, TPS 2 Dusun Lepok dan TPS 3 Dusun Timuk Rurung. Jumlah perolehan suara masing-masing calon tingkat desa Rensing Bat untuk calon Gubernur dan wakil gubernur NTB adalah pasangan nomor urut 1 TGB AMIN memperoleh 769 suara mengungguli calon lain, pasangan nomor urut 2 SJP-Johan memperoleh 8 Suara, Pasangan nomor urut 3 HARUM memperoleh 21 Suara dan hanya 6 suara di peroleh oleh pasangan nomor urut 4 Zul-Ichsan.
Sedangkan hasil perolehan calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur di Desa Rensing Bat adalah pasangan nomor urut 1 memperoleh 72 suara, pasangan nomor urut 2 WALY memperoleh 16 suara, pasangan nomor urut 3 SUFI memperoleh 719 suara dan untuk pasangan nomor urut 4 MAFAN tidak mendapatkan suara.
Selanjutnya hasil perhitungan di tingkat PPS akan di hitung kembali di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) baru diserahkan ke tingkat KPUD kabupaten.
Menurut data hitung cepat yang dipublikasikan koran Lombok Post pada hari selasa, 14 Mei 2013 kemarin dari hasil hitung cepat (quick count) versi Jaringan Suara Indonesia (JSI) untuk Pilkada NTB mengunggulkan pasangan nomor urut 1 TGB AMIN dengan raihan suara 44.63 % disusul pasangan nomor urut 4 Zul Ichsan 25.81 %, pasangan nomor 3 HARUM memperoleh 22.08 % dan paling kecil perolehannya adalah nomor urut 4 SJP-Johan dengan 7.48 % dari jumlah pemilih sesuai DPT 3.478.892 orang. Sedangkan untuk hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur sampai selasa kemarin masih bersaing antara pasangan nomor urut 1 Alkhaer dan pasangan nomor urut 3 Sufi. Pendukung kedua belah pihak sempat saling klaim memenangkan pilbup sehingga melakukan selebrasi kemenangan. Namun hasil resminya masih menunggu keputusan resmi dari KPUD Lombok Timur. (Bany)