MARILAH KITA SENANTIASA BERKATA BAIK, BERBUAT YANG BAIK, BEKERJA DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN SALING MEMBANTU ANTAR WARGA

Wednesday 5 March 2014

10 Orang Mahasiswa UMMAT Melaksanakan KKN di Desa Rensing Bat


Mahasiswa UMMAT KKN di Desa Rensing Bat
Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disingkat KKN bagi sebuah perguruan tinggi merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa. Salah satu Perguruan Tinggi di NTB Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) pada tahun akademik 2013-2014 mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode I angkatan ke XXVI mulai tanggal 3 Maret 2014 dan berahir tanggal 17 April 2014. Kegiatan KKN sebagai salah satu respon terhadap kuatnya tekanan ekonomi globalisasi terhadap lapisan masyarakat ekonomi lemah di Indonesia. Paradigma pemberdayaan diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan KKN sehingga kegiatan KKN lebih kontekstual. Tujuan dari kegiatan KKN adalah mencetak kader pemimpin sejati, yaitu lulusan yang mempunyai rasa empati yang tinggi dan rasa kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat ekonomi lemah dan mampu memberdayakan mereka untuk menolong diri mereka sendiri.
Pada pelaksanaan KKN Periode I angkatan XXVI ini Univeristas Muhammadiyah Mataram melepas sebanyak 813 orang peserta yang tergabung dalam 79 Kelompok tersebar di sejumlah Desa yang ada di NTB. Salah satu Desa di Lombok Timur yang menjadi Lokasi pelaksanaan KKN Universitas Muhammadiyah Mataram adalah Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat sebanyak 10 orang mahasiswa dari berbagai fakultas diserahkan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kepada Kepala Desa Rensing Bat
Pada acara serah terima mahasiswa KKN di aola Kantor Desa Rensing Bat tanggal 3 Maret 2014 lalu Kepala Desa Rensing Bat Muhammad Hilmi,SE mengatakan bahwa Universitas Muhammadiyah Mataram adalah Perguruan Tinggi Pertama di NTB yang menjadikan Desa Rensing Bat sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan KKN. “saya atas nama masyarakat merasa senang atas dijadikan desa kami sebagai salah satu lokasi KKN dan karena itu saya berharap mahasiswa bisa belajar bermasyarakat, belajar berorganisasi serta menerapkan program program pendidikan, sosial kemasyarakatan baik yang sudah dikonsep dari kampus atau dibuat secara bersama-sama dengan pemerintah desa” ungkap kades. 

Masih dikatakan Kades untuk diketahui bahwa Desa Rensing Bat merupakan salah satu desa pemekaran di Kecamatan Sakra Barat terbentuk atas inisiatif masyarakat dan secara resmi dideklarasikan pada tanggal 15 Agustus 2011 dengan luas wilayah 195 hektar terbagi dalam tiga kekadusan yakni Dusun Rensing Bat, Dusun Lepok dan Dusun Timuk Rurung, masyarakat Desa Rensing Bat sendiri dikenal ramah, santun dan religius sehingga mahasiswa KKN tak perlu sungkan berinteraksi dengan semua lapisan masyarakat. Saat ini Pemerintah desa bersama masyarakat desa sedang berjuang untuk membangun infrastruktur, sufrastruktur, penguatan kapasitas kelembagaan desa. Dengan kehadiran mahasiswa KKN di desa ini maka diharapkan mahasiswa bisa membantu desa dan masyarakat dalam rangka percepatan pembangunan desa. (Bany)