MARILAH KITA SENANTIASA BERKATA BAIK, BERBUAT YANG BAIK, BEKERJA DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN SALING MEMBANTU ANTAR WARGA

Monday 14 July 2014

Pentingnya Nasihat Bagi Manusia


Pengajian Nuzul Qur'an (12/7/2014)
Peringatan atau nasihat dari orang yang telah diberikan petunjuk sangatlah penting bagi keselamatan manusia baik dunia maupun diakhirat kelak. Peringatan atau nasihat ini dibutuhkan sejak lahir hingga wafat demikian diungkapkan TGH.Ayudin,Lc dalam pengajian peringatan nuzulul qur’an di Masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat pada malam Ahad, 12 Juli 2014 atau 14 Ramadhan 1435 H.
Dikatakan tuan guru yang juga Masyaikh Mahad DQH NW Pancor ini bahwa peringatan atau nasihat sangatlah penting bagi umat islam dan bisa menyelamatkan manusia baik di dunia maupun diakhirat. Agama adalah nasehat yang menyelamatkan manusia dari api neraka. Islam memiliki kitab suci yang penuh dengan nasihat yakni alqur’an. Kitab suci Alqur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW pada malam bulan ramadhan berisi petunjuk bagi manusia dan pembeda antara yang hak dan bathil. Alqur’an sendiri nanti pada hari kiamat akan datang memberikan syafaat (pertolongan) bagi orang yang suka membacanya.  
Dalam kehidupan yang kita lalui tidak selamanya mulus seperti yang kita harapkan. Ada saatnya kita diuji dengan berbagai persoalan hidup di mana pangkat, gelar, kedudukan, dan harta yang kita banggakan bukannya menyelesaikan masalah, malah sering menjadi sumber utamanya.
Saat dihadapkan pada persoalan hidup, ada di antara kita yang mampu melaluinya dengan indah, namun tak sedikit yang kecewa, putusa asa, bahkan berakhir untuk selama-lamanya.

Di sinilah nasihat sangat berperan bagi jiwa-jiwa yang resah. Ia berfungsi untuk pengendali diri, membangun harapan, menguatkan motivasi, optimisme, dan azam.
Setinggi apapun pangkat, pendidikan, dan kedudukan kita nasihat selalu diperlukan. Karena nasihat merupakan sumber energi hati. Hati yang ikhlas dinasihati akan menyebabkannya tumbuh hidup. Hati yang hidup adalah hati yang mengenal Allah Ta’ala dan membawa pemiliknya mampu mengambil pelajaran dari setiap peringatan. Dan peringatan itu sangat bermanfaat bagi manusia, terutama yang takut kepada Allah Ta’ala.
Allah Ta’ala berfirman yang artinya: “Oleh sebab itu berikanlah peringatan karena peringatan itu bermanfa’at. Orang-orang yang takut (kepada Allah) akan mampu mengambil pelajaran. Orang-orang yang celaka (kafir) akan menjauhi.” (QS Al A’la: 9-11).
Dan marilah saling menasihati untuk kebenaran dan kesabaran adalah kunci memperoleh keberuntungan (lihat QS Al ‘Asr).
Sedemikian pentingnya prinsip “saling memberi nasehat” dalam ajaran Islam, maka setiap manusia pasti membutuhkannya, siapapun, kapanpun, dan di manapun dia hidup. Layaklah kalau dikatakan bahwa “saling memberi menasihat “ adalah sebagai sebuah keniscayaan yang harus ada pada setiap muslim
Pengajian Nuzulul Qur’an Jamaa Masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat ini dihadiri oleh dua orang penceramah yakni Bapak TGH.M.Yusuf Makmun dan TGH.Ayudin,LC disamping itu turut hadir dalam kesempatan itu Kepala KUA Sakra Barat, Kepala Desa Rensing Bat, Toga,Toma, dan Jamaah Masjid.