MARILAH KITA SENANTIASA BERKATA BAIK, BERBUAT YANG BAIK, BEKERJA DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN SALING MEMBANTU ANTAR WARGA

Wednesday 13 August 2014

Puncak Peringatan HUT Ke 3 Desa Rensing Bat Akan di Gelar Kamis Malam



Untuk pertama kalinya desa Rensing Bat secara resmi menggelar kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa yakni pada HUT ke 3 Tahun 2014. Momentum memperingati hari lahir desa Rensing Bat yang jatuh pada tanggal 15 Agustus 2014 ini sebagai sebuah tradisi baru yang nantinya akan digelar setiap tahun.  Sesuai keputusan rapat  Pemerintah Desa dengan lembaga-lembaga desa serta tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat pada Sabtu, 9 Agustus 2014 lalu bahwa disepakati mulai tahun 2014 ini sebagai sejarah dimulainya memperingati hari kelahiran desa Rensing Bat .
Ketua Panitia HUT Ke-3 Desa Rensing Bat Nuruddin,M.Pd menjelaskan bahwa  peringatan hari lahir desa ini adalah kali pertama diadakan  namun ini adalah peringatan Hari Ulang Tahun ke 3 yang diperingati sehingga keputusan rapat kegiatan ini akan diawali dengan membaca alqur’an 30 juz atau yang biasa diistilahkan dengan Khataman alqur’an, dzikir kemerdekaan dan ngurisan masal dan acaranya  dipusatkan di Kantor Kepala Desa Rensing Bat pada malam Jum’at 14 Agustus 2014 untuk mengambil berkah.
Sementara itu  Kepala Desa Rensing Bat Muhammad Hilmi,SE menambahkan bahwa acara ini menjadi catatan sejarah bagi perkembangan desa Rensing Bat ini adalah sesuatu yang baru sehingga bersama BPD Desa Rensing Bat dan Pemerintah Desa menetapkan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa ini menjadi Peraturan Desa (Perdes)  agar setiap tanggal 15 Agustus diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Desa Rensing Bat.

Lanjut Kades bahwa momentum peringatan hari ulang tahun ini sebagai evaluasi pencapaian atas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Rensing Bat yang sudah terlaksana maupun yang belum terlaksana, disamping itu kegiatan ulang tahun ini sebagai starting point untuk melaksanakan program-program desa masa mendatang.
Acara Khataman Alqur’an dan Dzikir kemerdekaan ini akan diikuti oleh semua masyarakat  desa Rensing Bat, Camat Sakra Barat beserta anggota muspika, TGH.M.Yusuf Ma’mun dan tamu undangan lainnya. Acaranya akan dimulai setelah magrib dan di ahiri dengan sholat isa berjamaah. Karena itu Kepala Desa Rensing Bat mengharapkan kepada semua masyarakat, jamah kaum muslimin-muslimat bisa menghadiri acara tersebut dengan membawa Al-Qur’an.
Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat Kab. Lombok Timur diresmikan  pada hari Senin tanggal 15 Ramadhan 1432 H bertepatan dengan tanggal 15 Agustus 2011 Bupati Lombok Timur diwakili oleh asisten 1 bidang pemerintahan H.Lukmanul Hakim,S.Sos sebagaaimana dalam Peraturan Bupati No 34 Tahun 2011 tentang Pembentukan Dua Desa persiapan di Lombok Timur yaitu Desa Persiapan Rensing Bat dan Desa persiapan Kembang Are Sampai.
Kemudian 3 bulan setelah diresmikan menjadi desa persiapan maka pada hari jumat tanggal 25 Nopember 2011 DPRD Kabupaten Lombok Timur secara resmi mengesahkan Perda Pembentukan 66 desa di kabupaten Lombok Timur menjadi desa definitif di Kabupaten Lombok Timur dan Desa Rensing Bat masuk menjadi salah satu desa yang didefinitifkan, sesuai yang tertuang dalam Peraturan Daerah Nomer 7 Tahun 2011 bab II pasal 2 dan pasal 51
Desa Rensing Bat  merupakan salah satu desa dari 18 (delapan belas desa)  Desa yang ada di Kecamatan Sakra Barat, Desa Rensing Bat terdiri dari 3 (tiga) dusun yaitu Dusun Rensing Bat, Dusun Lepok dan Dusun Timuk Rurung dengan luas 195   Ha. atau 195, KM2, yang terdiri dari 3 (tiga) dusun dengan perincian sebagai berikut Wilayah Kekadusan Rensing Bat (Induk) seluas 75 Ha, Wilayah Kekadusan Lepok (pemekaran) seluas 65 Ha, dan Wilayah Kekadusan Timuk Rurung (pemekaran) seluas 55 Ha. Batas wilayah Desa Rensing Bat adalah di sebelah barat berbatasan dengan Desa Lekor Lombok Tengah dan Desa Sukarara, sebelah utara berbatasan dengan Desa Montong Beter, sebelah timur berbatasan dengan Desa Rensing Raya dan sebelah selatan berbatasan dengan Desa Rensing.
Desa Rensing Bat dengan kode desa 53.03.19 2016 merupakan Desa pemekaran dari desa induk desa Rensing yang terletak paling barat desa Rensing berbatasan dengan Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah, dan merupakan Desa masuk dalam wilayah kecamatan Sakra Barat dari arah barat. Kantor desa Rensing Bat terletak di jalan TGH.M. Fadil dusun Rensing Bat dengan titik kordinat garis lintang (latitude) : -8.719207 dan garis bujur (longitude) : 116.45603 LS : -8 : 43 : 9.14 dan BT : +116 : 27 : 21.70
Dirgahayu Desa Rensing Bat Ke-3 Tahun 2014 Semoga Desa Rensing Bat semakin maju, makmur, sejahtera, adil,aman dan damai. (Abu Bany