MARILAH KITA SENANTIASA BERKATA BAIK, BERBUAT YANG BAIK, BEKERJA DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN SALING MEMBANTU ANTAR WARGA

Tuesday 7 October 2014

Masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat Sembelih 7 Ekor Hewan Qurban


Pembukaan Acara Pemotongan Hewan Qurban (6/10/2014)

Rensingbatnews. Panitia Qurban Masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat Kab. Lombok Timur sembelih 7 ekor hewan qurban terdiri dari 4 ekor sapi dan 3 ekor kambing, Tujuh ekor hewan qurban tersebut disembelih pada hari Senin 11 Dzulhijjah 1435 H/6 Oktober 2014 ditangani oleh lebih dari 30 orang petugas teknis dari tiga dusun dan sebanyak 506 paket daging qurban dibagi ke masyarakat.
“Pada Hari raya idul adha 1435 H/2014 ini sebanyak  7 ekor hewan qurban disembelih terdiri dari 4 ekor sapi dan 3 ekor kambing ini merupakan hewan qurban dari masyarakat Desa Rensing Bat sendiri dimana sebanyak 31 orang yang mendaftarkan diri ke panitia qurban” Kata Sekretaris Panitia Qurban Masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat Nuruddin,M.Pd . 
Kegiatan qurban pada setiap hari raya idul adha  di desa Rensing Bat  kata Nuruddin memang sudah lama di terjadi tetapi masih dilakukan sendiri-sendiri itupun jumlahnya satu atau dua orang saja. Namun sejak tahun 2012 lalu Jamaah Masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat telah mencanangkan sebuah gerakan jamaah untuk berqurban yang dikenal dengan “Gerakan Masyarakat Rensing Bat Berqurban (Gemar Berqurban) pada tahun 2014 ini sudah dilakukan untuk kali ketiga secara berturut-turut. Program jamaah ini  bertujuan untuk mendorong, mengajak masyarakat Rensing Bat untuk berqurban dalam rangka melaksanakan ibadah sunnah Nabi Muhammad SAW “ Sebelum program ini digelar masyarakat senantiasa hanya menjadi penerima dan menunggu pemberian hewan qurban atau daging qurban dari orang lain namun sekarang dengan adanya program ini mind set atau pola pikir masyarakat kita ubah tak hanya sebagai penerima qurban sekarang sudah bisa menjadi pemberi hewan atau daging qurban (menjadi pengurban)” tambah Nuruddin yang juga menjabat sebagai Ketua BPD Desa Rensing Bat ini.

Pemotongan sapi qurban oleh H.Nasrun Toha
Program jamaah ini mendapat respon positif dari masyarakat desa Rensing Bat terbukti dengan jumlah yang berqurban tiga tahun terakhir ini selalu mengalami peingkatan sejak pertama kali digelar tahun 2012 hingga tahun 2014. Program “Gerakan Masyarakat Rensing Bat berQurban (Gemar berQurban) ke I tahun 2012 dengan donasi qurban Rp.1.500.000 sebanyak 16 orang yang berqurban dengan jumlah hewan qurban  1 Ekor sapi dan 9 ekor kambing. Sedangkan program Gemar Berqurban ke II tahun 2013, dengan donasi qurban Rp.1.750.000,- sebanyak 25 orang berqurban dengan jumlah hewan qurban 3 Ekor sapi dan 4 ekor kambing dan pada Gemar Berqurban Ke III tahun 2014 ini dengan donasi qurban Rp.1.800.000,- sebanyak 31 orang masyarakat Rensing Bat yang berqurban jumlah hewan qurban 4 Ekor sapi dan 3 ekor kambing.
Masih kata Nuruddin bahwa tak hanya dari sisi jumlah saja yang mengalami peningkatan namun dari sisi pengelolaan hewan qurban juga terus diperbaiki misalnya menyangkut penyembelihan, petugas teknis pemotongan dan pemaketan daging serta distribusi yang lebih adil dan merata, sedangkan dari sisi perlengkapan qurban panitia qurban Masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat setiap tahunnya membeli alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pemotongan sampai distribusinya antara lain dibelinya 5 alat penimbang, 11 pisau, golok,parang, bak, terpal, tali dan sebagainya.

Hal senada dikatakan Ketua Panitia Qurban Ust. H.M.Shofiyan Hadi,S.Ag bahwa program Gemar Berqurban insaallah ditangani secara profesional dan lebih terorganisir dengan adanya panitia yang dibentuk maka penerimaan calon jamaah yag berqurban untuk tahun berikutnya bisa lebih awal mendaftar namanya, masyarakat bisa mencicil atau menabung uang donasi qurbannya di panitia qurban. Pada qurban tahun 2014 ini kata Ust.H.Shofiyan daging qurban dari 4 ekor sapi dan 3 ekor kambing ini dipaketkan kedalam plastik  sedikitnya ada 506 paket daging qurban dibagi kepada masyarakat Desa Rensing Bat. “ kami berharap tahun depan akan semakin banyak lagi masyarakat yang berqurban dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah dan mempertajam kepekaan sosial kepada sesama” ungkap Ust. H. Shofiyan yang juga menjadi Ketua Pengurus Masjid ini.
Sementara itu Kepala Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat Muhammad Hilmi,SE yang ikut serta ditengah-tengah jamaah pada hari pemotongan hewan dan pendistribusian daging qurban (6/10/201) mengatakan bahwa dirinya sangat apresiasi kepada masyarakatnya sudah mulai gemar berqurban “ tiga tahun terahir ini momentum idul Adha di Desa Rensing Bat lebih terasa nikmat dan semarak karena adanya kegiatan masyarakat yang melaksanakan qurban”. Ungkap Emi panggilan akrabnya.
Disamping memiliki nilai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah kata Kades pelaksanaan qurban ini juga untuk menunjukkan rasa kepedulian sosial terhadap sesama karena itu dengan keberadaan panitia qurban masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat maka pengelolaan qurban jadi terpusat disatu tempat saja itu akan semakin memperkuat kekompakan, kebersamaan dan persatuan masyarakat. (adm*