MARILAH KITA SENANTIASA BERKATA BAIK, BERBUAT YANG BAIK, BEKERJA DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN SALING MEMBANTU ANTAR WARGA

Tuesday 22 January 2013

KARANG TARUNA “GARDA BHAKTI” BAGIKAN 1500 BIBIT POHON


Ketua Karang taruna Garda Bhakti Bagikan Bibit Pohon
Demi menjaga kelestarian alam agar udara tetap bersih dihirup oleh manusia  dan mahluk lainnya, memelihara pohon-pohon yang hijau dan menanam sebanyak mungkin haruslah tetap digalakkan karena tumbuh-tumbuhan hijau tak hanya berfungsi untuk melindungi manusia dari terik matahari atau tempat berlindung binatang tetapi juga tumbuh-tumbuhan juga berfungsi untuk menyerap dan mengeluarkan oksigen (O2) yang bisa bermanfaat bagi semua mahluk muka bumi. Dengan banyaknya tumbuh-tumbuhan hijau maka keseimbangan alam akan terjaga dengan baik. Program penghijauan ini juga merupakan program pemerintah bidang Lingkungan Hidup adalah bagaimana Indonesia tetap hijau oleh tumbuh-tumbuhan agar bumi dan isinya bisa selamat. Akhir-ahir ini masyarakat sering tidak memperhatikan lingkungannya dengan banyak pohon yang ditebang sembarangan, berkurangnya pohon itu berarti ekosistem hewan juga akan makin berkurang, bumi akan menjadi makin panas dan bisa menyebabkan bencana alam.
Setelah melaksanakan pembagian bibit buah kepada masyarakat beberapa bulan yang lalu kerjasama pemerintah desa Rensing Bat dengan Bumi Gora Institut, kini giliran Pemuda Rensing Bat menunjukkan kepeduliannya dalam menjaga bumi dan isinya. Pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna “Garda Bhakti” Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Lombok Timur pada hari Senin, 21 Januari 2013 membagikan 1500 pohon jenis Mahuni, Sengon dan Keling kepada seluruh masyarakat di desa Rensing Bat. Ketua Karang Taruna Garda Bhakti Desa Rensing Bat Izkandar Zulkarnain mengatakan bahwa program Rensing Bat Hijau merupakan salah satu program karang Taruna Garda Bhakti Rensing Bat dan  bertujuan untuk menyadarkan masyarakat untuk gemar menanam pohon agar alam di Desa Rensing Bat lebih asri dan memiliki multi manfaat bagi alam, sebanyak 1500 bibit pohon yang kami bagikan ini berharap  lima tahun kedepan Rensing Bat akan Hijau oleh pohon-pohon yang besar”ungkapnya.

Karang Taruna Garda Bhakti Desa Rensing Bat sebagai salah satu Lembaga Sosial Desa yang bergerak dalam pemberdayaan potensi Pemuda Desa tidak hanya merancang kegiatan husus pemuda tetapi juga kegiatan-kegiatan yang bisa memberikan manfaat kepada masyarakat desa dan lingkungan.
Saparudin salah seorang warga desa penerima bibit pohon ketika ditanya disaat pengambilan bibit mengatakan bahwa “kami masyArakat merasa sangat senang diberikan secara gratis bibit pohon besar ini karena selama ini masyarakat gemar menebang pohon sehingga pohon yang sudah ditebang sebelumnya dapat diganti dengan bibit pohon baru yang diberikan oleh karang taruna ini kami pun berterima kasih atas inisiatif pemuda karena telah peduli terhadap lingkungan” kata Sapar. Sementara itu Kepala Desa Rensing Bat Muhammad Hilmi,SE di tempat yang sama juga mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan oleh Pengurus Karang Taruna patut diberikan apresiasi setinggi-tingginya telah membuat program Rensing Bat Hijau dalam turut serta menghijaukan dan melestarikan alam di wilayah Desa Rensing Bat dan kedepan hal-hal yang bermanfaat buat masyarakat terus akan digalakkan. (NDn)