MARILAH KITA SENANTIASA BERKATA BAIK, BERBUAT YANG BAIK, BEKERJA DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN SALING MEMBANTU ANTAR WARGA

Wednesday 29 May 2013

Pengajian Isra’ Mi’raj Di Masjid Rensing Bat Berlangsung Khidmat


Pengajian Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW tahun 2013/1434 H di Masjid Nurul Islam Rensing Bat Kec. Sakra Barat Kab. Lombok Timur dilaksanakan hari Rabu, 19 Rajab 1434 H bertepatan dengan tanggal 29 Mei 2013, acara yang berlangsung di siang hari itu dihadiri oleh beberapa tamu undangan yang hadir diantaranya TG.Dr. Said Gazali,MA, TGH.M. Yusuf Makmun, Camat Sakra Barat H. Hadi Fathurrahman,S.Sos,M.Ap, Kasi Kesra Kec. Sakra Barat, Kepala KUA Kec. Sakra Barat H. Muhsin,S.Pd.I, Kepala Desa Rensing Bat Muhammad Hilmi,SE, Mantan Camat Sakra Barat H. Musannip,S.Ag dan juga jamaah yang berasal dari dalam maupun luar desa Rensing Bat. Sebelum acara dimulai jamaah pengajian di hibur oleh Tim Rebana Kasidah MTs NW Rensing Bat yang menyanyikan lagu-lagu islami dengan suara merdu didukung oleh sound system ribuan watt milik “Ruslan Ghaib Kreative” yang menggema.
Sebelum Camat Sakra Barat H. Hadi Fathurrahman,S.Sos,M.Ap yang didaulat memberikan sambutan tunggal terlebih dahulu beliau di minta untuk menyerahkan secara simbolis santunan berupa alat tulis kepada 150 lebih Anak asuh “Asuhan Keluarga Syafaah NW Rensing Bat” yang disiapkan oleh pengurus AK Syafaah NW Rensing Bat Ust. H.M. Shofiyan Hadi,S.Ag.
Setelah menyerahkan santunan tersebut Camat Sakra Barat langsung berdiri di atas podium, dalam sambutannya Camat mengingatkan kepada masyarakat atas peristiwa isra’ mi’raj nabi Muhammad SAW di mana dalam Peristiwa isra’ mi’raj ini terjadi pada bulan Rajab dimana pada bulan ini telah mencatatkan suatu peristiwa penting yang telah berlaku terhadap diri Rasulullah SAW yaitu Isra’ dan Mi’raj di mana melalui peristiwa inilah maka umat Islam diwajibkan untuk mendirikan sembahyang lima waktu sehari semalam.
Camat juga menghimbau kepada jamaah untuk tetap konsisten dalam melaksnakan perintah wajib melaksanakan sholat lima waktu secara berjamaah dengan mengisi masjid dan mushalla yang ada setiap waktu sholat. Tak lupa pula diahir sambutannya pak camat menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Desa Rensing Bat karena dalam Pemilihan Kepala Daerah baik Gubernur maupun Bupati tanggal 13 Mei 2013 lalu bisa menjaga kondisi dan stabilitas desa tetap dalam keadaan aman dan damai, itu menandakan masyarakat semakin dewasa menyikapi perbedaan pilihan ditengah masyarakat, sekitar setengah jam lamanya Camat memberikan sambutan ia langsung pamitan kepada jamaah untuk meninggalkan lokasi pengajian karena akan mengikuti acara yang sama di desa lain.
Sementara itu pada uraian pengajian isra’ mi’raj yang disampaikan oleh bapak TG. Dr. H.M. Said Gazali,MA mengupas tentang kelebihan bulan rajab  dimana pada bulan rajab persitiwa agung terjadi kepada seorang Nabi Muhammad SAW yang saat ini sedang bersedih setelah paman Nabi yang bernama Abu Thalib meninggal dunia, peritiwa ini sangat memilukan hati Nabi Muhammad SAW selama hayatnya karena pamanNya Abu Thalib sangat disegani di tanah Arab pada waktu itu dan beliaulah yang selalu membela perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menegakkan ajaran Islam dan tak lama setelah meninggalnya Abu Thalib, kemudian istriNya Siti Khadijah pendamping setia meninggal dunia bagaimanapun juga Siti Khadijah adalah orang yang  sangat berjasa dalam mengembangkan Islam dengan rela mengorbankan hartanya untuk Islam. Maka ketika Nabi Muhammad SAW bersedih maka Allah SWT menghiburNya, dibawalah oleh Allah beliau berjalan di malam hari dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Palestina kemudian naik ke langit sampai Sidratul Muntaha untuk menerima perintah sholat lima waktu sehari semalam kemudian kembali lagi ke bumi peristiwa ini di sebut Isra’ Mi’raj.
Lebih jauh Tuan guru yang juga menjadi masyaekh Ma’had DQH NW Pancor ini mengungkapkan  bahwa peringatan Isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan hari besar islam dalam rangka memperingati dan mengenang suatu peristiwa luar biasa dan terbesar dalam sejarah dunia sebagaimana tercantum dalam kitab suci Al qur’an  Allah SWT berfirman dalam ayat 1 surah al-Isra' yang artinya “Maha suci Allah yang memperjalankan hambaNya pada suatu malam dari masjidil Haram ke masjid al-Aqsa yang telah Kami berkati sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebahagian daripada tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”
Berdasarkan ayat diatas secara tegas bahwa peristiwa isra’ mi’raj betul-betul terjadi dan untuk meyakini peristiwa tersebut tidak bisa dengan akal melainkan harus diyakini dengan iman, karena kalau diukur dengan akal maka peristiwa itu tidak masuk akal dan tidak benar akan tetapi kalau di lihat dengan iman maka akan membenarkan peristiwa ini adalah benar karena peristiwa Isra’ dan mi’raj merupakan bukti kekuasaan allah kepada seluruh manusia di muka bumi ini merupakan peristiwa yang bersejarah kepada umat Islam.
Lebih dari satu jam tuan guru asal Lombok Barat dan alumni Universitas Kairo Mesir ini juga menjelaskan hikmah-hikmah yang terkandung dalam peristiwa isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW yang bisa di petik dari peristiwa agung tersebut. Pengajian Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Masjid Nurul Islam Rensing Bat di ahiri dengan pembacaan doa pusaka  yang di pimpin oleh Pembina Majlis Taklim Desa Rensing Bat yaitu bapak Tuan Guru H.M. Yusuf Makmun. (nr-dien)