MARILAH KITA SENANTIASA BERKATA BAIK, BERBUAT YANG BAIK, BEKERJA DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN SALING MEMBANTU ANTAR WARGA

Saturday 2 August 2014

PANITIA QURBAN MASJID NURUL ISLAM RENSING BAT MULAI BUKA PENDAFTARAN QURBAN BAGI MASYARAKAT



Rensingbatnews. Panitia Qurban Masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat Kab. Lombok Timur pada tahun 2014 mulai membuka pendafataran bagi masyarakat yang ingin melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Melalui program Qurban Untuk Iman  “Gerakan Masyarakat Rensing Bat Berqurban (GEMAR berQURBAN)” yang ke III tahun 1435 H/2014 M. Pelaksanaan qurban tahun 2014 ini merupakan yang ketiga kalinya setelah yang pertama tahun 2012 sebanyak 16 orang dan tahun 2013 sebanyak 25 orang berqurban sukses dilakukan. Kegiatan ini bertujuan selain untuk iman dalam rangka untuk mendekatkan diri seorang hamba kepada sang penciptanya yakni Allah SWT, dimana bagi umat Islam yang mampu sangat dianjurkan untuk menyembelih binatang kurban. Penyembelihan binatang kurban ini mengandung dua nilai yakni kesalehan ritual dan kesalehan sosial. Kesalehan ritual berarti dengan berkurban, kita telah melaksanakan perintah Allah yang bersifat transedental. Kurban dikatakan sebagai kesalehan sosial karena selain sebagai ritual keagamaan, kurban juga mempunyai dimensi kemanusiaan dimana umat Islam dilatih untuk mempertebal rasa kemanusiaan, mengasah kepekaan terhadap masalah-masalah sosial, membiasakan berbagi dengan orang lain serta mengajarkan sikap saling menyayangi terhadap sesama.
Karena itu pada tahun 2012 lalu masyarakat Desa Rensing Bat telah menginisiasi satu program sosial religi yang dinamakan Gerakan Masyarakat Rensing Bat Berqurban (GEMAR berQURBAN)  dengan membentuk panitia yang bersifat permanen setiap tahun mengorganisir pelaksanaan qurban di masyarakat agar pelaksanaan qurban tersebut bisa dilakukan secara terorganisir dan pendistribusiannya lebih merata oleh panitia qurban masjid Nurul Islam Bat Rensing Bat dimana sebelumnya masyarakat melakukan qurban secara sendiri-sendiri di dusun masing-masing. 
Sekretaris Panitia Qurban Masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat Nuruddin, M.Pd menjelaskan bahwa program Gemar Berqurban merupakan kegiatan sosial religi untuk mengajak masyarakat islam untuk melaksnakan qurban dimana tahun 2014 panitia qurban mematok harga 1 ekor kambing Rp. 1.800.000,-/orang atau dengan 1 ekor sapi seharga Rp. 12.600.000 untuk 7 orang. Masyarakat yang berminat bisa mendaftar mulai sekarang, batas pendaftaran penerimaan hewan qurban yakni pada tanggal 1 Oktober 2014 atau 6 Zulhijjah 1435 H. Karena itu lanjut Nuruddin mulai saat ini masyarakat bisa memulai rencana atau apabila sudah ada rencana bisa mendaftar ke panitia qurban.
Hewan qurban akan disembelih pada tanggal 11 Zulhijjah 1435 H atau sehari setelah hari raya idul adha 1435 H . Tahun 2014 ini panitia qurban berharap akan lebih banyak lagi umat islam yang melaksanakan qurban melalui panitia qurban Masjid Nurul Islam Rensing Bat.(Nr_dien)