MARILAH KITA SENANTIASA BERKATA BAIK, BERBUAT YANG BAIK, BEKERJA DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN SALING MEMBANTU ANTAR WARGA

Thursday 4 December 2014

Hujan Turun, Petani Mulai Semai ”Ngampar” Bibit Padi



Rensingbatnews.- Hujan yang mengguyur wilayah Desa Rensing Bat dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir ini disambut gembira para petani khususnya di Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur. Mereka pun telah mulai bersiap-siap menyemai padi atau istilah bahasa sasaknya “ngampar”.
''Kami sangat bersyukur atas turunnya hujan beberapa hari terahir, ini berarti waktu menanam padi akan segera dimulai.'' tutur seorang petani di Dusun Rensing Bat, H. Zainal Muttaqin, Rabu (3/12).
Mantan Kades Rensing dua periode ini mengaku bahwa musim tanam kali ini sedikit mengalami keterlambatan tanam, ini disebabkan karena pertama minimnya curah hujan selama November 2014 sehingga para petani kekurangan pasokan air, kedua karena aliran air dari bendungan pandanduri dihentikan sementara sejak pengisian awal waduk (Initial Impounding) Bendungan Pandanduri yang dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto pada tanggal 14 September 2014 lalu.
Turunnya hujan sejak ahir Nopember 2014 lalu seakan menjadi instruksi tidak langsung bagi para petani Desa Rensing Bat untuk memulai persiapan menanam padi, mereka keluar masuk sawahnya setiap hari untuk mempersiapkan lahan mereka dan melakukan penyemaian padi. Adapun lama penyemaian padi biasanya berkisar antara 20 - 30 hari sehingga diperkirakan minggu terakhir bulan Desember 2014 atau awal Januari 2015 para petani sudah menggarap lahannya dan menanam bibit padi yang sudah disemai. (nr_dien)