MARILAH KITA SENANTIASA BERKATA BAIK, BERBUAT YANG BAIK, BEKERJA DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN SALING MEMBANTU ANTAR WARGA

Minggu, 16 Juni 2013

Alasan Pengurangan Kuota Jemaah Calon Haji



Pemerintah diharapkan mampu berdiplomasi dengan Pemerintah Arab Saudi.

Pemerintah Arab Saudi akan mengurangi kuota jemaah calon haji sebesar 20 persen pada penyelenggaraan ibadah haji 1434 H, artinya kuota jemaah haji Indonesia 2013 akan berkurang sebanyak 42.200 orang.
Jadi jumlah kuota menjadi 168.000 orang dari jumlah semula 211.000 orang (194.000 jemaah haji reguler dan 17.000 jemaah haji khusus). Pengurangan kuota jemaah haji tahun ini akan berdampak pada semakin panjangnya daftar tunggu (waiting list).
Beberapa tahun terakhir pemerintah Indonesia memberlakukan sistem daftar tunggu (waiting list) akibat tidak berimbangnya animo masyarakat berangkat berhaji dengan kuota yang tersedia.

Berdasarkan informasi Menteri Agama Suryadharma Ali, alasan pengurangan kuota jemaah haji tahun ini karena terkait kendala teknis. Keterlambatan rehabilitasi Masjidilharam berakibat pada berkurangnya kapasitas daya tampung tempat tawaf yang semula menampung 48.000 jemaah per jam menjadi tinggal 22.000 jemaah per jam. Pertimbangan Pemerintah Arab Saudi memutuskan kebijakan pengurangan kuota lebih besar mengacu pada aspek kenyamanan pelaksanaan ibadah haji. 

Pemerintah Arab Saudi tidak hanya mengurangi kuota jemaah haji Indonesia, namun berlaku untuk seluruh negara pengirim jemaah haji di dunia yakni sebesar 20 persen dari kuota sasar sesuai kesepakatan negara Organisasi Konferensi Islam (OKI).

Terkait pengurangan kuota jemaah haji tahun ini, pemerintah diharapkan mampu berdiplomasi dengan Pemerintah Arab Saudi mengingat demikian besarnya kuota calon jumaah haji asal Indonesia. Kemudian pemerintah juga harus mengantisipasi agar tidak terjadi kepanikan (rush) dari calon jemaah haji, kalaupun terjadi pengurangan kuota dari daftar calon jemaah haji yang sudah ada harus dilakukan dengan adil. 

Mengingat perjalanan haji adalah rangkaian aktivitas ibadah, sikap ikhlas penuh kepasrahan kepada Yang Mahakuasa harus selalu dikedepankan. Mungkin Allah mempunyai rencana lain bagi calon jemaah haji yang tahun ini terpaksa ditunda keberangkatannya. Sambil tetap berusaha dan berdoa, serahkan semua takdir dan ketentuan kepada Allah swt.

sumber :http://log.viva.co.id/news/read/420752-alasan-pengurangan-kuota-jemaah-calon-haji