MARILAH KITA SENANTIASA BERKATA BAIK, BERBUAT YANG BAIK, BEKERJA DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN SALING MEMBANTU ANTAR WARGA

Thursday 17 April 2014

MAHASISWA KKN UMMAT GELAR PERPISAHAN


Perpisahan Mahasiswa KKN Ummat

Setelah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 45 hari sejak 3 Maret hingga 17 April 2014 di Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat, 10 orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) tahun akademik 2013-2014 menggelar acara perpisahan  dengan masyarakat desa Rensing Bat pada hari Kamis, 17 April 2014. Mengambil tempat di halaman Kantor Desa Rensing Bat acara tersebut dihadiri oleh Pemerintah Desa, BPD,LKMD,Kepala Dusun, tokoh agama dan masyarakat, DPL dan mahasiswa KKN.
Kepala Desa Rensing Bat Muh. Hilmi,SE dalam sambutannya sekaligus menyerahkan kembali mahasiswa KKN ke pihak kampus mengatakan bahwa Pemerintah Desa beserta masyarakat sangat mengapresiasi keberadaan mahasiswa KKN di Desa Rensing Bat “Banyak hal yang sudah dilakukan dan tentu semua bermanfaat untuk pembangunan desa dan masyarakat dan berharap tahun berikutnya akan ada lagi mahasiswa yang melaksanakan KKN di desa kami”ungkap kades. Lanjut Kades selama keberadaan mahasiswa KKN di tengah masyarakat tentu banyak mendapatkan pengalaman yang berharga dan tentu akan sangat berharga ketika mahasiswa kembali ke kampus dan masyarakat kelak sesudah selesai kuliah.
Sementara itu Abdillah,M.Pd selaku Dosen Pembimbing lapangan (DPL) dalam kata-kata penarikannya mengatakan bahwa mahasiswa KKN tak terlepas dari banyak kekurangan selama berada di tengah masyarakat dan ini adalah pengalaman pertama mahasiswa terjun ke masyarakat menggunakan identitas kampus “ saya atas nama lembaga UMMAT menyampaikan terima kasih kepada bapak kepala desa dan masyarakat atas penyambutan dan pembinaan kepada mahasiswa selama melaksanakan KKN dan tentu selama bergaul dan berkomunikasi dengan masyarakat banyak hal yang dilakuka disengaja maupun tidak sengaja yang dapat menyinggung hati masyarakat maka dalam kesempatan ini saya meminta maaf dan atas nama lembaga saya menyampaikan terima kasih juga” Ungkap Abdillah.


Sedangkan penyampaian kesan dan pesan mahasiswa KKN diwakili oleh Ketua KKN Saefuddin mengungkapkan bahwa meski tidak terlalu lama berada di Desa Rensing Bat namun keramah tamahan masyarakat dan indahnya sumber daya alam membuat mahasiswa KKN betah dan mendapatkan banyak hal yang baru di Desa Rensing Bat “ kami sangat bangga atas sambutan masyarakat baik, ramah dan lingkungannya indah”ungkap Saef.
Semenjak mahasiwa melaksanakan KKN di Desa Rensing Bat berbagai jenis program yang bisa di laksanakan diantaranya Penyuluhan tentang tata cara pengelolaan pertanian, pendataan penduduk, goton royong setiap hari jum’at, penanaman pohon, pembinaan kerajinan tangan, pembinaan perangkat hardware handphone, pembuatan plank dusun, pembuatan tiang bendera, pengadaan taplak meja kantor desa, melaksanakan pendampingan pengayaan les bagi siswa MTs NW 2 Rensing.

Sebagai desa baru Desa Rensing Bat masih membutuhkan partisipasi semua pihak termasuk peran Perguruan Tinggi dalam mendorong pembangunan desa dan masyarakat, kehadiran mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Mataram merupakan salah satu media dalam rangka untuk menjembatani antara masyarakat kampus dan masyarakat umum. Pada sisi masyarakat kampus, ada keinginan untuk menjadi masyarakat yang tak terpisahkan dari masyarakat umum oleh karena itu konsepsi  kampus untuk melakukan pengabdian pada masyarakat menjadi media yang sangat strategis untuk menjembatani kepentingan mahasiswa dengan masyarakat dan pemerintah. Disamping itu, kebutuhan mahasiswa dalam memahami problema masyarakat menjadi bagian dari kebutuhan bagi proses pendidikan di perguruan tinggi.  Pada konteks masyarakat juga membutuhkan kehadiran masyarakat kampus, karena upaya untuk mempercepat upaya perubahan di masyarakat membutuhkan informasi dan jaringan untuk membuka ruang isolasi yang banyak dialami oleh masyarakat dalam implementasi kedaulatan dan kemandirian untuk menentukan kebutuhan khususnya pendidikan yang sangat mendasar.(nr_dien)