MARILAH KITA SENANTIASA BERKATA BAIK, BERBUAT YANG BAIK, BEKERJA DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN SALING MEMBANTU ANTAR WARGA

Saturday 25 July 2015

++Bermaaf-Maafan dan Ngandang Dulang di Hari Fitri++

Rensingbatnews. "Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Lailaha illallahu wallahu Akbar. Allahu Akbar Walillahilham'," demikian gema takbir yang bergema di masjid dan mushalla pada hari raya idul fitri Jum'at 17 Juli 2015 bertepatan dengan 1 Syawal 1436 H.
Secara serempak umat islam didunia melaksanakan sholat id sebagai tanda hari kemenangan dengan berahirnya pelaksanaan ibadah puasa selama bulan ramadhan 1436 H. Seperti halnya yang terjadi di Masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat nampak antusiasme masyarakat yang melaksanakan sholat id dan dilanjutkan dengan salam-salaman untuk saling maaf memaafkan satu sama lain setelah itu diahiri dengan tradisi nagndang dulang berjamaah.
Berlebaran dikampung bagi setiap umat islam memang sangatlah di minati terutama bagi mereka yang bekerja di luar kampung halamannya sehingga tak mengenal jarak mereka harus pulang bersama anggota keluarga atau yang biasa dikenal istilah mudik hanya semata-mata untuk merayakan hari kemenangan umat islam yang sudah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan ramadhan serta untuk dapat berkumpul atau bersilaturrahmi dengan keluarga, sahabat, tetangga dan masyarakat dikampungnya sendiri “ kami jarang pulang kampung sehingga paling tidak minimal saat berlebaran kami bawa anak dan istri untuk bisa menikmati indahnya berlebaran dikampung” kata Drs. Urif yang sengaja mudik berlebaran dari Mataram ke kampung halamannya Dusun Rensing Bat.
Disamping itu Kata Drs. Urif suasana kekeluargaan ketika berada ditengah semua keluarga dan kemeriahan kemeriahan dimalam idul fitri juga sangat dinikmati oleh anak-anak kami serta budaya ngandang dulang usai sholai idul fitri di Masjid menjadi keistimewaan sendiri saat berlebaran di kampung karena budaya ngandang dulang ini jarang kita temukan di kota ungkapnya.
Pelaksanaan sholat idul fitri di Masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat dimulai sejak pukul 07.30 wita diikuti oleh ratusan jamaah. Yang bertindak sebagai khotib sholat id adalah Ust.Muhammad Wirajaya mahasiswa Universitas Al azhar Mesir dan imam serta zikir doa dipimpin oleh Ust.H.Darmawan,S.Pd.I. Usai pembacaan zikir doa kemudian dilanjutkan dengan salam salaman untuk saling memaafkan satu sama lain dan rangkaian penutup hari raya id, adalah jamaah sholat id menikmati makanan/hidangan “ngandang dulang” yang dibawa oleh ibu-ibu jamaah masjid, dulang yang berisi nasi, sayur dan kue khas lebaran ini sengaja di bawa oleh ibu-ibu karena menjadi bagian dari rasa syukur atas nikmat yang Allah telah berikan dan bisa menyelesaikan ibadah puasa serta wujud mempertahankan budaya lokal yang sudah lama dilakukan oleh nenek moyang untuk menampakkankebersamaan dan mempererat hubungan kekeluargaan dan sosial kemasyarakatan. (Tim PR)